Bangun Pagi, Kebiasaan Wajib Orang Sukses



Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Psikologi Universitas Harvard pada 2014 lalu, menunjukkan bahwa para tokoh sukses di berbagai bidang, konsisten melakukan hal-hal yang telah menjadi kebiasaan mereka.

Kebiasaan tersebut tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan, melainkan juga pada hal-hal kecil yang memberi dampak positif kepada masing-masing individu yang melakukannya.

"Sejatinya mereka (para orang sukses) telah mempelajari dengan baik apa yang membuatnya nyaman dalam berkarya, bukan tentang hal-hal ambisius untuk meraih sukses," jelas Aidan Tehbowkee, pimpinan penelitian terkait.

Lantas, apa saja kebiasaan yang biasa dilakukan oleh para tokoh sukses dunia? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bangun Pagi
Ini bukanlah mitos. Mereka yang terbiasa bangun pagi, menurut sebuah studi ilmiah yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Harvard, adalah mereka yang memiliki sikap teratur.
Disebutkan bahwa para morning person ini cenderung berpikir lebih tajam dan lebih tanggap dibandingkan mereka yang tidak terbiasa, atau sulit, bangun pagi.
Salah satu contoh tokoh sukses yang terbiasa bangun adalah Sir Richard Branson, yakni tidak pernah bangun tidur lebih dari jam 5 pagi.

2. Fokus Pada Bidang yang Ditekuni
Kemampuan mengerjakan berbagai hal sekaligus, atau multi-tasking, mungkin terlihat efektif dalam mendukung kesuksesan seseorang. Namun pada kenyataannya, hal itu justru mengurangi efisiensi.
Salah seorang pengusaha teknologi di Lembah Silikon, Nela Cavonic, mengatakan bahwa para tokoh sukses selalu meluangkan waktu untuk mendalami lebih jauh bidang yang ditekuninya.
Seperti Bill Gates misalnya, ia tidak mau berhenti mempelajari hal-hal baru tentang ranah komputasi. Sehingga wajar jika  kemudian Microsoft yang dibangunnya, menjadi perusahaan teknologi informasi terkemuka di dunia.

3. Menyempatkan Berolahraga
Tidak ada waktu untuk berolahraga? Sir Richard Branson adalah seorang fanatik dalam berlatih kebugaran. Begitu pun mantan Presiden AS ke 44, Barack Obama, yang rutin berlatih kebugaran selama 45 menit sehari setiap harinya.
Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga dapat memompa jantung yang akan meningkatkan kreativitas, fungsi otak dan dapat menahan emosi yang kurang stabil.
Jika orang-orang ini dapat menjalankan bisnis (dan negara) seraya berolahraga, maka tidak ada alasan untuk siapa pun tidak berolah raga.

4. Menyeimbangkan Prioritas Hidup
Pendiri Apple, Steve Jobs, memiliki prinsip untuk menyeimbangkan karier dan hobi. Ia tidak ragu untuk sejenak keluar meluangkan waktu guna menikmati hobinya, yakni berlari dan bermain basket.
Menekuni hobi yang diminati, oleh banyak penelitian, telah diakui manjur untuk kembalikan fokus serta kreativitas yang sempat meredup.

5. Berani Menerima Kegagalan
Seorang Walt Disney pernah dikritik sebagai sosok yang kurang imajinatif dalam berkarya. Sutradara Steven Spielberg juga pernah tiga kali gagal masuk sekolah film.
Bahkan multimiliuner James Dyson juga pernah jatuh miskin karena melakukan ribuan percobaan yang gagal, hingga akhirnya menemukan ide pembuatan vacum cleaner.
Anda tentu sudah tahu benang merahnya, bukan?

6. Berbagi Kekayaan
Penulis buku Wealthy Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals, Tom Corley, menghabiskan lima tahun untuk mempelajari bagaimana orang sukses mendapatkan kekayaannya.
Ia menemukan bahwa 73 persen dari para tokoh sukses tersebut, tidak ragu meluangkan cukup banyak waktu untuk melakukan kegiatan amal (atau sekedar menjadi relawan) setiap bulannya.

7. Memperluas Jejaring
Kebanyakan para tokoh sukses dunia tidak meraih kekayaannya hanya dari satu sumber penghasilan, melainkan juga dari banyak proyek sampingan yang tidak jarang penuh risiko.
Mereka tahu bahwa dengan memperluas jejaring kerja, maka mereka memiliki lebih banyak peluang untuk menemukan 'ladang emas'.
Selain menambah kekayaan, memperluas jejaring kerja juga berpotensi untuk menunjukkan wibawa Anda di hadapan khalayak lebih luas. (liputan6.com)

Post a Comment

Budayakan komentar dengan bahasa yang sopan.Spam akan dihapus dan diblokir.

Lebih baru Lebih lama