Inilah 4 Manfaat Jahe Merah yang Jarang Diketahui

Foto: drhealthbenefits.com

Anda pasti sudah kerap memakai jahe dalam masakan atau minuman. Salah satu jahe yang kerap dipakai karena memberi rasa hangat pada tubuh adalah jahe merah. Banyak manfaat kesehatan berkat sifat anti-radang, anti-jamur, antioksidan, antimikroba, hingga anti kanker pada jahe merah. Simak khasiatnya di bawah ini:

1. Anti-kanker
Normalnya, sel tubuh yang rusak atau tua akan mati dan digantikan oleh sel baru. Namun pada kanker, sel tubuh terus menggandakan diri secara tak terkendali. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe merah mampu melakukan mekanisme kematian sel terprogram yang disebut apoptosis. Mekanisme ini berpotensi menekan penyebaran sel tumor sehingga bermanfaat untuk pengobatan kanker.

2. Antioksidan
Dari banyak antioksidan, terdapat 3 yang terbaik yaitu senyawa fenolik, karoteinoid, dan asam askorbat. Antioksidan sendiri memiliki manfaat penting untuk kesehatan. Di mana senyawa ini dapat mencegah kerusakan sel oksidatif akibat radikal bebas, salah satu senyawa pemicu kanker.

Kandungan antioksidan dalam jahe merah sendiri berupa flavonoid dalam jenis rutin dan kaempferol. Di mana rutin7 dapat memperlancar aliran darah. Sedangkan kaempferol dapat membantu pengobatan Alzheimer. Jahe merah berpotensi membantu pengobatan tuberkulosis. Di mana ekstrak jahe ini memiliki sifat antibakteri dan dapat menghambat pertumbuhan Mycobacterium tuberculosis.

3. Anti-bakteri
Ekstrak jahe merah juga dapat melawan bakteri patogen lain seperti Enterobacter aerogenes, Salmonella typhi, Streptococcus faecalis, E. coli, juga Staphylococcus aureus. Selain itu, anti-bakteri dalam minyak dari bunga jahe merah juga dilaporkan dapat membantu membasmi penyebaran telur larva nyamuk Aedes aegypti, yaitu nyamuk penyebab demam berdarah.

4. Anti-jamur dan Anti-radang
Studi menunjukkan bahwa ekstrak jahe merah berpotensi melawan jamur Candida albican, yang sering menjadi penyebab infeksi jamur pada vagina. Jahe merah juga dimungkinkan memiliki sifat anti-radang sehingga dipercaya dapat meredakan arthritis (nyeri sendi).

Secara tradisional, jahe merah juga dikenal dapat mengobati sakit kepala, rematik, sakit tenggorokan, hingga ginjal. Ekstrak bunga tanaman ini juga disebut membantu meredakan batuk. Sedang dari sisi komersial, tumbuhan rimpang penambah rasa makanan ini juga banyak dijadikan bahan baku untuk produk obat, kertas, pewarna, hingga parfum.

Disadur dari okaydoc.com, foto : drhealthbenefits.com


Post a Comment

Budayakan komentar dengan bahasa yang sopan.Spam akan dihapus dan diblokir.

Lebih baru Lebih lama