8 Cara Sederhana Agar Hidup Lebih Teratur



Terkadang kita merasa hidup kita berjalan tidak sesuai dengan rencana. Masalah-masalah yang datang membuat kita seperti kehilangan kontrol. Kita jadi terlalu diatur oleh pekerjaan, atasan, atau oleh anggota keluarga (istri/suami/orang tua). Padahal kita ingin menjalani hidup seperti yang kita inginkan. Bila Anda mengalami hal-hal seperti itu, cobalah ubah pola hidup Anda. Mulailah menata hidup dengan melakukan kebiasaan kecil yang amat gampang dikerjakan namun memberi dampak positif pada mental Anda.

Yuk simak 8 cara sederhana agar hidup anda lebih teratur dan mengembalikan hidup dalam kendali Anda.

1. Bangun Pagi
Ini adalah tip sederhana agar Anda punya waktu lebih untuk mempersiapkan hari Anda. Mulailah dengan menata tempat tidur untuk memberi sensasi bahwa anda sudah menyelesaikan pekerjaan kecil. Hal sederhana ini akan membuat Anda berpikir lebih siap menghadapi tantangan hari ini.

Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti persiapan kerja, baju yang akan dipakai, berkas yang mau dibawa dan lain-lain

2. Berdoa atau meditate.
Rutinkan kegiatan ini. Buat umat muslim, jangan lupa awali hari dengan Shalat Subuh. Perasaan tenang setelah beribadah akan memberi energi positif dan optimisme. Anda juga akan mendapati hidup anda lebih terkontrol dengan sandaran pada Yang Maha Kuasa. 

3. Buat rencana kegiatan hari ini
Jangan membuat daftar rencana yang panjang. Cukup fokus pada 3 (tiga) tugas/kegiatan yang ingin Anda selesaikan hari ini. Bisa tugas rumah, proyek pribadi, atau kegiatan kantor. Semakin sering Anda bisa menyelesaikan rencana-rencana yang Anda susun setiap hari, semakin besar kepercayaan diri Anda.

4. Bergerak
Bangkitkan semangat pagi dengan berolahraga, senam pagi, jogging atau jalan pagi. Jangan duduk diam sibuk melihat status teman di Facebook atau mencari foto-foto menarik di akun Instagram. Tinggalkan dulu media sosial di gadget Anda. Cari inspirasi di sekitar tempat tinggal Anda dan bangkitkan energi positif dengan menggerakan tubuh alias berolahraga.

5. Tulis jurnal
Menyimpan ide, pikiran, masalah atau apapun juga di kepala akan membebani hari-hari Anda. Ambilah buku tulis atau selembar kertas. Tuliskan apa saja yang terlintas di kepala Anda. Itu bisa jadi perasaan Anda, gagasan-gagasan Anda, rencana-rencana Anda atau sekadar emosi Anda. Anggap saja, otak Anda perlu ditata ulang dengan mengeluarkan semua isinya dan pindahkan ke tempat lain yaitu kertas. Cobalah, Anda akan merasakan sensasinya setelah menjadikan hal ini sebagai kebiasaan.

6. Coba sesuatu yang baru
Kalau biasanya anda berangkat kerja dengan mengendarai mobil, sesekali gunakan moda transportasi lain seperti sepeda motor, ojek, bus, sepeda atau mungkin jalan kaki. Cari rute lain menuju kantor. Anda bisa juga mengganti sarapan pagi dengan menu lain dan ganti kopi yang biasa diminum dengan jus buah atau teh.

7. Tawarkan bantuan
Banyak orang membutuhkan bantuan di luar sana. Sekadar mengangkat tas belanjaan istri, menolong orang tua menyeberang jalan atau menunjukkan jalan pada orang yang mencari alamat. Lakukan ini sebagai hal biasa. Tumbuhkan semangat membantu. Lihat dan rasakan dampak yang Anda rasakan pada hidup Anda.

8. Berbanyak tersenyum
Tak perlu banyak penjelasan. Senyum adalah sedekah. Orang-orang pasti lebih suka dengan muka anda yang murah senyum daripada wajah kusut Anda.


Itulah beberapa hal sederhana yang bisa anda kerjakan agar hidup Anda lebih teratur. Semuanya gratis, dan tanpa biasa. 

Post a Comment

Budayakan komentar dengan bahasa yang sopan.Spam akan dihapus dan diblokir.

Lebih baru Lebih lama