Agar Masakan Tetap Enak Tanpa MSG (Micin)

MSG alias Micin ternyata berbahaya bagi kesehatan. (foto: sciencefriday.com)

Seorang tetangga yang pernah bekerja di sebuah rumah makan terkenal ditanya oleh tetangganya yang lain bagaimana caranya hingga masakan di rumah makan tersebut sangat enak. Tetangga yang menanya mengira, masakan di rumah makan itu menggunakan banyak bawang merah dan bawang putih.

Tetapi jawaban yang diterima mengejutkan. "Ah siapa bilang, saya tahu sendiri, di sana bawangnya sedikit. Tapi kalau pakai micin banyak banget," jawabnya tanpa dosa.

Seorang bapak yang saya temui ketika bertamu ke rumahnya juga mengaku agak sulit mendapatkan masakan non MSG kalau jajan di luar. Dia mengeluh tenggorokannya agak gatal kalau menyantap masakan ber-MSG.

"Pas dimakan memang enak tapi habis itu tenggorokan terasa kering dan agak gatal. Saya harus minum air yang banyak," katanya.

Kenyataan saat ini, hampir semua warung makan atau restoran memakai MSG dalam masakannya (kecuali kami ya hehehe). Bahkan tiap rumah tangga pun menyediakan MSG. Seolah-olah tanpa MSG, masakan jadi tidak enak. Benarkah demikian?

Sebenarnya ada dua cara agar memasak bisa tetap enak tanpa perlu menambahkan MSG. Sobat bisa mencobanya di rumah. Mudah kok. Berikut tipsnya.

1. Gunakan bahan-bahan berikut : garam, gula, keju, daging, jamur, tomat, almon, ikan teri, terasi, bawang dan bumbu dapur lain.

Campuran gula dan garam yang pas bisa memberi rasa sedap pas pada makanan. Demikian pula penggunaan bawang putih untuk menumis dan bawang merah goreng yang ditabur ke atas masakan, sudah lama diketahui oleh ibu rumah tangga di Indonesia.

Apabila ada daging, gunakan irisan daging kecil-kecil atau suwiran daging ayam dan ditumis bersama bumbu halus saat memasak. Teknik ini biasa dipakai saat memasak tumis, sop, atau nasi goreng.

Daging dan jamur juga bisa direbus untuk menghasilkan kaldu. Air kaldu yang sedap bisa dipakai untuk memasak dan menambah aroma pada masakan.

Bagi orang Indonesia, khususnya di pulau Jawa, penggunaan terasi sudah menjadi hal biasa karena menambah citarasa. Nasi goreng kampung, sambal terasi, dan sayur asem adalah contoh masakan yang tidak akan terasa sedap tanpa menggunakan terasi.

2. Selain menggunakan bahan-bahan tersebut, kita juga bisa menggunakan teknik masak tertentu agar bisa menghasilkan makanan yang lebih sehat tanpa MSG tetapi dengan rasa yang lebih sedap.

Teknik masak yang dimaksud adalah memanggang, merebus, atau memasak daging dengan sedikit air. Tujuan dari teknik masak ini adalah untuk memecah kandungan glutamat alami dari bahan makanan yang kita masak, sehingga rasanya bisa lebih gurih.

Ok sobat @dapurpretciken, sebaiknya anda hindari penggunaan MSG dan beralih menggunakan bahan alami untuk memasak. Kami di Dapur Pret Ciken sudah 5 tahun berkomitmen untuk tidak menggunakan MSG pada semua produk masakan kami.

Semua masakan kami mulai dari Sambal Bawang, Ayam Ungkep, Sambal Terasi, hingga Nasi Boks kami tidak memakai MSG. Kami yakin Anda pun bisa. *(sri nanang setiyono/dari berbagai sumber)

1 Komentar

Budayakan komentar dengan bahasa yang sopan.Spam akan dihapus dan diblokir.

Posting Komentar

Budayakan komentar dengan bahasa yang sopan.Spam akan dihapus dan diblokir.

Lebih baru Lebih lama