7 Makanan ini Sebaiknya Dihindari. Nomor 5 Paling Bikin Kaget


Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh kita. Namun, tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari karena dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Berikut ini adalah 7 jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi manusia:

1. Daging olahan. Konsumsi makanan
 yang berasal dari daging olahan perlu dibatasi, termasuk sosis, nuget, dan kornet. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering mengonsumsi daging olahan memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker usus².

2. Ikan yang mengandung merkuri tinggi. Beberapa jenis ikan seperti hiu, makerel, todak, tenggiri, dan tuna, diketahui mengandung merkuri dengan kadar tinggi. Bila dikonsumsi secara berlebihan, dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada otak serta gangguan fungsi jantung, ginjal, dan paru-paru².

3. Daging babi. Daging babi dianggap berbahaya karena banyak mengandung lemak tak jenuh ganda, yang dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi dan sirosis. Selain itu, konsumsi daging babi juga dikaitkan dengan penyakit jantung, penyakit kanker hati, dan penyakit kanker kolorektal².

4. Makanan cepat saji. Tak hanya rendah kandungan nutrisi, makanan cepat saji mengandung kalori, lemak, gula, dan garam yang cukup tinggi sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Orang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji berisiko tinggi terkena hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas, penyakit diabetes tipe 2, dan penyakit jantung².

5. Makanan yang digoreng. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas dan penyakit jantung karena makanan tersebut mengandung banyak lemak, kalori, dan garam².

6. Kue kering atau biskuit juga tergolong makanan berbahaya dan tidak sehat bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan karena terbuat dari gula rafinasi, tepung terigu olahan, dan minyak nabati yang telah terhidrogenasi².

7. Ikan buntal bisa menjadi makanan berbahaya jika diolah dengan cara yang salah².

Itulah 7 jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Kata Kunci: Makanan Berbahaya untuk Kesehatan

Sumber: Percakapan dengan Bing, 14/7/2023
(1) Tanpa Disadari, 7 Makanan Berbahaya untuk Kesehatan Ini Sering Dikonsumsi. https://www.alodokter.com/tanpa-disadari-makanan-berbahaya-untuk-kesehatan-ini-sering-dikonsumsi.
(2) 10 Jenis Makanan Tidak Sehat yang Perlu Anda Batasi Konsumsinya. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/berbagai-makanan-tidak-sehat/.
(3) Ternyata, 7 Makanan Ini Gak Baik Dikonsumsi Setiap Hari Lho! - IDN Times. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/yoshi/7-makanan-gak-baik-dikonsumsi-tiap-hari.

Post a Comment

Budayakan komentar dengan bahasa yang sopan.Spam akan dihapus dan diblokir.

Lebih baru Lebih lama