Riset : Kopi Pahit Bikin Produktivitas Naik


Kabar gembira buat para coffee lover. Banyak yang menyangka minum kopi pahit tak memberi manfaat apapun pada tubuh manusia. Nyatanya anggapan ini salah. Selain memberi efek positif yaitu menahan mata dari kantuk (karena kaget lidah merasakan rasa pahit, hehehe), cara minum kopi tanpa gula alias kopi pahit rupanya banyak khasiatnya. Ternyata, minum kopi pahit bikin produktivitas kita naik. Dilansir dari laman liputan6.com (25/9/2019), berikut manfaat minum kopi pahit secara teratur.

1. Mengurangi Kerusakan Fungsi Saraf Lansia
Ahli nutrisi diet Joan Salge Blake dalam American Journal of Epidemiology (edisi 2002) membuktikan konsumsi kopi hitam secara teratur terbukti mengurangi semua jenis risiko penuaan yang berhubungan dengan saraf. Penurunan fungsi saraf biasanya terjadi pada oran lanjut usia.

2. Mengurangi Potensi Diabetes
Kopi hitam alias kopi tanpa gula bisa meningkatkan produksi insulin dan menyeimbangkan hormon pengatur produksi insulin. Sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Seperti diketahui, produksi insulin yang terganggu adalah penyebab terjadinya penyakit diabetes.

3. Memperkuat tulang
Salah satu mineral yang terkandung dalam kopi adalah kalsium. Kalsium yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan tulang pada pria dan wanita.

4. Meningkatkan produktivitas
Kafein dalam kopi bisa mengirimkan efek stimulan pada saraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidsi lemak dan melancarkan proses metabolisme. Proses oksidasi lemak atau pembakaran lemak inilah yang bisa berujung pada peningkatan produktivitas

Demikian artikel Riset Kopi Pahit Bikin Produktivitas Naik. Semoga bermanfaat..(*)

Photo by Alicja Michali from FreeImages

Post a Comment

Budayakan komentar dengan bahasa yang sopan.Spam akan dihapus dan diblokir.

Lebih baru Lebih lama