Nasihat Manajemen Waktu dari Imam Al Ghazali

Foto ilustrasi dari Pixabay


Tulisan ini menyajikan perspektif lain tentang manajemen waktu. Saya mengutipnya dari video di Youtube yang disampaikan oleh Mufti Abdur-Rahman Ibn Yusuf Mangera, pendiri Zamzam Academy yang bermarkas di London Inggris. Ulama bermazhab Hanafi ini mengutip nasihat tentang manajemen waktu dari Imam Al Ghazali melalui karyanya yang terkenal Bidayat al Hidayat.


Umumnya buku-buku self-help dari penulis Barat mengupas manajemen waktu dari sisi produktivitas yaitu memanfaatkan sumber daya yang tak bisa didaur ulang ini menjadi sesuatu yang bernilai tambah bagi pemiliknya. Nilai tambah yang dimaksud adalah terkait dengan efisiensi, pembagian waktu, penghargaan finansial, ketenangan psikologis, berkurangnya stress. Tujuannya adalah produktivitas kerja dan capaian finansial yang optimal. Wajar saja karena manajemen waktu ala Barat adalah buah dari filsafat materialisme dengan jargon yang terkenal Time is Money



Dalam Islam, manajemen waktu didasari pada penggunaan waktu yang optimal untuk meraih kebaikan di dunia dan akhirat. Waktu sebagai anugerah Allah, sifatnya seperti es yang selalu meleleh dan yang berlalu tak bisa kembali. Sebagai muslim kita wajib bersyukur dengan memanfaatkan waktu untuk beribadah dan mengisinya dengan aktivitas yang bernilai ibadah. Tidak ada alasan bagi seseorang untuk menyia-nyiakan waktu. 

  1. Menuntut ilmu yang bermanfaat;
  1. Bila tidak mampu melakukan yang nomer 1 di atas, perbanyak berdoa dan beribadah;
  1. Bahagiakan sesama orang beriman, atau meringankan beban orang lain termasuk menjenguk orang sakit dan menyantuni fakir miskin;
  1. Mencari nafkah untuk diri dan keluarga tetapi menjaga agar tidak terjebak pada sifat serakah.

Nasihat Imam Al Ghazali soal manajemen waktu bukan bertumpu pada cara mengelola waktu untuk aktivitas, tetapi bagaimana menyelaraskan waktu ibadah wajib kita (sholat) dan aktivitas lain agar bernilai ibadah. Manajemen waktu dimulai dari malam hari sebelum tidur yaitu dengan berserah diri, berdoa, dan mohon perlindungan Allah untuk esok hari hingga hari akhir kelak. Tuntunan nabi tentang hal-hal sebelum tidur sudah kita ketahui.


Muslim seyogyanya bangun sebelum waktu fajar dan memulai hari dengan berdoa. Setelah membersihkan diri (mandi, bersuci), dianjurkan sholat fajar di rumah dan segera berangkat ke masjid atau mushola untuk sholat berjamaah Subuh.


Antara waktu usai salat Subuh hingga matahari terbit, ada 4 jenis aktivitas mengingat Allah yang disarankan yaitu : 1) berdoa memohon apapun kepada Allah, 2) zikir memuji keagungan Allah, 3) membaca Al Quran, dan 4) melakukan mawas diri (refleksi atas dosa dan kesalahan) dan merencanakan aktivitas hari tersebut.


Sedangkan siang harinya dari matahari terbit hingga terbenam, dianjurkan melakukan salah satu atau lebih dari 4 hal ini untuk kemanfaatan dunia dan akhirat yaitu :


Memasuki malam, pergunakan waktu beribadah dan memohon ampunan Allah. Masa ini juga dianjurkan dipergunakan waktu untuk bercengkrama bersama keluarga dan atau berkhidmat untuk masyarakat. 


Sebelum berangkat tidur, jangan lupa untuk mengulas dan mengingat kembali ilmu yang kita dapatkan hari itu. Hindari menghabiskan waktu untuk kegiatan hiburan seperti menonton TV dan hal-hal tidak bermanfaat lain.


Masuki waktu tidur dengan kesadaran bahwa tidur adalah bentuk lain dari kematian, bangun adalah wujud kebangkitan. Tidurlah dalam keadaan bersih badan dan jiwa, sucikan niat dan bersiap bila sewaktu-waktu dijemput ajal ketika tidur.


Bagaimana dengan tidur siang? Tidur ketika menghindari aktivitas tidak bermanfaat atau menghindari dosa adalah lebih bermanfaat daripada terjaga. Namun kalau ada aktivitas yang lebih bernilai ibadah, maka terjaga adalah lebih utama daripada tidur. 


Pendek kata, seorang muslim harus menyadari agar 24 jam waktunya dalam sehari dilakukan dengan pola yang sesuai tuntunan agama. Jangan sampai waktu kita berlalu tidak berguna atau waktu hidup kita dijalani dengan tidak terstruktur.(*)


Post a Comment

Budayakan komentar dengan bahasa yang sopan.Spam akan dihapus dan diblokir.

Lebih baru Lebih lama